by

Akhirnya Tuan Guru Bodak Dukung Jokowi – Amin

PRAYA – Banyak kejutan dalam pilpres 2019 di Lombok, NTB. Setelah sebelumnya Dewan Pembina Maraqitta’limat Dr.TGH. Hazmi Hamzar, S.H, MH membentuk Jaringan Kiyai Santri Nasional (JKSN) NTB, semakin banyak jumlah Kiyai di NTB yang mendukung pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden Jokowi – Amin.

Teranyar, Pimpinan Yayasan At-Thahiriyah Al-Fadhiliyah (Yatofa) Bodak TGH. Achmad Fadly FT tegas menyatakan dukungan untuk Jokowi – Ma’ruf. Padahal, sebelumnya salah satu ulama tersohor di NTB itu disebut-sebut mendukung Prabowo – Sandi.

Dukungan itu disampaikan langsung di depan Dr. K.H Ma’ruf Amin yang merupakan Calon Wakil Presiden RI. “Dengan Bismillah, Aamanna Billah Tawakkalnya ‘Alallah, saya H Fadly bersama seluruh keluarga besar Yatofa bertekad dan berniat, mendukung dan memilih Kyai Ma’ruf Amin yang berpasangan dengan Jokowi. Jadi pintu masuk kami adalah Kyai Ma’ruf Amin,” tegas TGH.Fadly di depan ribuan jamaah Yatofa Selasa (2/4).

Bukan tanpa alasan, ternyata antara K.H Ma’ruf Amin dan TGH. Fadly merupakan sahabat lama. Keduanya bersahabat sejak 20 tahun lalu. Keduanya bersama duduk di kursi MPR RI. Keduanya saling berpelukan dan saling menyanjung.

Kunjungan KH.Ma’ruf Amin ke Yatofa serangkaian dengan kegiatan kampanye terbuka di Lapangan Nasional, Selong, Lombok Timur. Sebelum berkampanye, Kyai Ma’ruf terlebih dahulu bersilaturahim dengan TGH Fadly bersama ribuan jamaahnya yang sudah lama menunggu.

Kyai Ma’ruf juga bersilaturahim dengan pimpinan Ponpes Syeikh Zainuddin NW Anjani Lombok Timur serta bersilaturahim dengan puluhan Tuan Guru dan Kyai se NTB di Ponpes Qamarul Huda, Bagu, Lombok Tengah pada malam harinya.

TGH. Fadly bersyukur Kyai Ma’ruf berkenan mengunjungi Yatofa dan memberikan nasihat kepada para jamaah dan santri. Karena di dalam pemaparannya, Kyai Ma’ruf banyak memberikan motivasi kepada para santri agar mampu menjadi yang terbaik dan berperan besar bagi kemaslahatan umat.

Dikatakan, keputusan mendukung  Jokowi – Amin juga berdasarkan musyawarah internal Yatofa. Dia bahkan secara tegas memerintahkan jamaahnya untuk memenangkan Jokowi – Ma’ruf di NTB. “Kalau sebelumnya masih ada telunjuk dan jempol, maka sekarang tarik telunjuknya dan angkat jempol sebagai simbol capres nomor urut 1 Jokowi – Amin,” ujarnya.

TGH Fadly mengatakan, sebelumnya banyak pihak yang menduga dirinya bersama jamaah Yatofa mengarah ke pasangan 02 di pilpres 2019 ini. Namun yang terjadi adalah TGH Fadly tidak memiliki ikatan apapun selama ini dengan paslon manapun. Ia dianggap berpihak ke 02 lantaran ada arus masyarakat yang mengarah kesana. Namun pascakunjungan Kyai Ma’ruf kemarin, Yatofa sudah dengan tekad bulat mendukung paslon 01 Jokowi-Amin.” Dulu di Pilpres 2014, saya juga pendukung Jokowi tanpa ada komunikasi dengan siapapun,” katanya.

Ketua Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) Provinsi NTB Dr.TGH Hazmi Hamzar menybut positif sikap tegas TGH Fadly tersebut. Dukungan untuk 01 dinilai memperkuat jaringan Kiyai dan Santri di NTB yang mendukung Jokowi – Amin.

Anggota DPRD NTB Fraksi PPP itu menegaskan saat ini jumlah simpul ormas serta tokoh agama yang mendukung 01 semakin banyak. Dia optimistis perolehan suara Jokowi – Ma’ruf di NTB sesuai target. “Banyak Ponpes di NTB yang sudah menyatakan komitmennya mendukung 01 ini. Mereka memiliki jamaah yang besar, sehingga target perolehan suara Jokowi-Amin di NTB sebesar 70 persen bukan lagi mustahil,” ungkapnya senang.

Hazmi Hamzar menegaskan lebih kurang 80 persen ponpes bersama jamaahnya di NTB sudah mendukung Paslon capres/cawapres  01. Ponpes dan jamaah itu menurutnya diantaranya organisasi NW Pancor, NW Anjani, Maraqitta’limat,  Al Ishlahuddiny, Alfalah, Al Mansyuriyyah, Qomarul Huda, Manhalul Ulum, Yatofa, Albadriyah, Al Ijtihad, Al Mahsuni. Bahkan,  sebagian besar Ponpes NU di NTB sudah ke 01 Jokowi- KH Ma’ruf Amin.

TGH. Hazmi Hamzar bahkan berdiskusi dengan K.H Ma’ruf Amin terkait perkembangan politik menjelang pencoblosan 17 April 2019. Kiai Ma’ruf bahkan menyampaikan terimakasih kepada TGH. Hazmi Hamzar atas kerja keras, ikhtiar memenangkan Jokowi – Amin di NTB. (007)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *